Rabu, 01 Juni 2011

membangun Inspirasi positif

MENGGAGAS IDEA dan BERFIKIR KREATIF


Inspirasi kreatif, dapat muncul dimana saja, yang dalam kehidupan yang serba cepat inspirasi positif sangat dibutuhkan agar tetap eksis. Orang percaya dan beranggapan bahwa inspirasi positif tidak dapat muncul setiap saat, tetapi hanya akan muncul sesekali dalam kehidupan. Beberapa orang yang lain berpendapat bahwa inspirasi positif dapat dimunculkan setiap saat melalui beberapa tindakan tertentu dengan menerapkan sikap dan perilaku tertentu dan diyakini dengan menerapkan sikap dan perilaku ini dapat mendorong munculnya inspirasi positif secara terus menerus. Sikap dan perilaku tersebut adalah :



1. Cintai pekerjaanmu dan jangan hanya mengerjakan yang anda cintai. Dengan ketekunan dan keseriusan serta kecintaan dalam melakukan pekerjaan, akan mendorong munculnya ide kreatif yang dipengaruhi oleh keinginan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan dan menciptakan produk atau methode baru yang lebih menguntungkan. Beberapa pengalaman pengusaha yang berhasil mengembang-kan usahanya diawali dari ketekunan dan kecintaannya kepada perkajaan sehingga dapat menemukan inspirasi positif yang ternyata setelah diterapkan dapat membuka peluang usaha yang sangat besar. Contoh yang dapat dilihat adalah keberhasilan usaha ayam goreng yang berhasil dikembangkan oleh para koki yang bertugas menyediakan makanan bagi para prajurit yang melaksanakan tugas operasi. Karena ketekunanya, setiap kali membuat ayam goreng, “resep” yang digunakan selalu dicatat dalam buku dan setiap kali mereka berfikir untuk meningkatkan mutu masakanya agar prajurit tidak bosan. Suatu saat mereka membuat goreng ayam dengan tepung sesuai resep yang telah diuji coba dan ternyata para prajurit menyukainya. Setelah kembali dari daerah operasi, koki tersebut membuka restoran khusus goreng ayam dan ternyata resep yang digunakan sangat disukai pengunjung yang akhirnya berkembang menjadi bisnis yang mendunia.

2. Bersikap terbuka terhadap pendapat orang lain dan yang berkembang disekitarnya. Tidak semua orang dapat menerapkan sikap terbuka, dari pengamatan sehari-hari dan yang terlihat dalam pergaulan, menunjukkan bahwa orang berfikir hanya pendapat dan ide pribadinya yang paling cemerlang, sehingga sulit menerima pendapat dan pandangan orang lain. Bersikap terbuka diperlukan untuk menerima ide dan pendapat orang lalin yang lebih baik. Sikap terbuka dapat dilakukan dengan berusaha untuk mendengar dan menerima ide yang dimunculkan orang lain dan yang berkembang disekitar kehidupan kita. Semua ide yang didengar dan dilihat dan yang berkembang, dicoba untuk dipadukan dengan ide dan pemikiran pribadi, untuk menemukan inspirasi positif yang baru yang lebih unggul, meskipun inspirasi positif juga tetap kan terpengaruh dengan perkembangan jaman, sehingga inspirasi juga harus menyesuaikan dengan perkembangan dan trend yang sedang berlaku.

Berkaca dari keberhasilan orang dalam menerapkan strategi bisnis menunjukan bahwa meskipun usaha yang ditekuninya dan yang dikelolanya telah berhasil sesuai dengan ide dan pemikiran pribadinya, mereka tetap berusaha untuk mengembangkan ide kreatif baru, untuk meningkatkan usaha yang dikelolanya agar menjadi lebih berhasil semakin hari semakin meningkat. Seorang pengusaha yang telah berhasil tetap harus terus belajar dengan memanfaatkan waktu yang tersedia untuk mengembangkan gagasan baru, mengembangkan usaha baru yang lebih menguntungkan. Namun demikian dalam setiap langkah pengembangan tidak boleh melupakan kemungkinan adanya resiko atau tantangan baru.


3. Mencari jalan keluar yang bervariasi untuk menghadapi permasalahan. Tidak ada permasalahan yang tidak berhubungan dengan permaslahan lain dan setiap permasalahan selalu memiliki karakteristik tersendiri. Dalam menghadapi permasalahan, jalan keluar yang ditempuh biasanya akan memunculkan ekses sebagai efek samping yang tidak terduga,atau kaitan dengan permasalahan lain yang bila tidak ditangani secara bersamaan akan menunculkan permaslahan baru. Oleh sebab itu dalam menghadapi permasalahan tidak boleh hanya mengandalkan satu cara, tetapi akan lebih menguntungkan apabila merancang beberapa cara yang berbeda, dengan melihat karakteristik yang dikenali di dalam setiap permasalahan.

Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, dapat menjadi peluang dan kesempatan untuk merancang dan menciptakan inspirasi positif dalam memecahkan permasalahan. Semakin banyak permasalahan yang dihadapi oleh seseorang, semakin banyak inspirasi yang dikembangkan oleh orang tersebut untuk memikirkan ide-ide baru untuk menghadapi berbagai permasalahan. Permasalahan yang muncul dapat berbentuk sederhana sampai permasalahan yang multi komplex, sehingga ide – pemecahan masalahnya harus berkembang terus menerus seiring dengan munculnya permasalahan-permasalah baru yang semakin komplex.

4. Lakukan penyegaran, melepaskan kejenuhan dan sesekali tertawalah melalui humor. Dalam melakukan aktifitas yang bersifat rutin dan terus menerus, akan memunculkan kejenuhan. Pada saat menghadapi kejenuhan, akan sangat sulit menemukan ide baru yang kreatif. Oleh karenanya jangan memaksakan berfikir berat bila ingin memunculkan ide kreatif. Dalam kondisi kejenuhan, dianjurkan untuk berfikir santai dan relaks agar dengan ketenangan tersebut ide akan lebih mudah muncul. Inspirasi positif seperti yang disampaikan terdahulu, tidak setiap saat inspirasi akan muncul. Untuk memancing timbulnya inspirasi, dianjurkan untuk bergaul luas dengan siapa saja. Dengan bergaul dengan banyak orang dari berbagai golongan, berbagai profesi dan berbagai tingkat sosial akan menambah wawasan serta pengetahuan yang bermanfaat bagi pengembangan ide dan dari pergaulan tersebut akan menemukan inspirasi sebagai ide baru.
Teori normatif tidak selalu dapat diterapkan dalam kehidupan nyata, tetapi perlu pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam mengembangkan sebuah usaha berfikirlah untuk tampil beda, dengan sesuatu yang berbeda dan menunjukkan ciri khas tersendiri, akan menjadi perhatian orang dan akan membantu meningkatkan pengembangan sebuah usaha.

5. Memperluas cakrawala pandang dan berlatih berfikir kreatif. Dalam mengembangkan suatu usaha atau menyelesaikan berbagai permasalahan, cobalah untuk memandang dan menilai kreasi dan cara yang telah diterapkan untuk mengembangkan usaha atau dalam menyelesaikan permasalahan. Berbicaralah dengan orang lain dan bandingkan dengan ide yang dimunculkan orang lain. Temukan hal positif dan negatif dari ide-ide tersebut dan lakukan perbaikan untuk hasil yang lebih baik. Pada prinsipnya, jangan menolak ide yang ada, berusaha untuk mengkaji setiap ide/gagasan dan cobalah masukkan dalam sebuah sistem atau dengan memanfaatkan teknologi yang telah ada. Dengan ketekunan dan semangat serta menyukai ide-ide yang diterapkan orang, akan memancing tumbuhnya inspirasi positif yang bermanfaat.

6. Optimis dan berfikir kreatif. Kepercayaan diri yang rendah dapat menghambat munculnya ide, oleh karenanya setiap orang sangat membutuhkan peningkatkan pengetahuan untuk memperoleh kemampuan dan ketrampilan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Melalui kepercayaan diri yang tinggi dan keyakinan bahwa akan mampu mengatasi berbagai permasalahan atau mampu mengembangkan usaha, akan mendorong imajinasi dan mampu menciptakan inspirasi dan kreasi yang akan mendorong munculnya banyak ide baru. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap orang jangan menyerah terhadap tantangan dan hambatan yang dihadapi, karena setiap pengalaman yang diperoleh akan menjadi bekal yang bermanfaat untuk mengolah ide yang positif dalam menghadapi permasalahan dikemudian hari. Banyak ide yang muncul dari kegiatan yang dilakukan yang serah dengan pengetahuan yang dikuasai sebagai kekuatan serta didukung dengan keyakinan diri dalam menghadapi situasi, akan memunculkan gagasan baru yang bermanfaat bagi pengembangan tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

7. Mengkaji keberhasilan orang lain untuk menemukan hal positif dan mencoba memainkan ide yang sudah berhasil. Ide yang diterapkan orang dan sudah menunjukkan hasil yang baik, bila diteliti secara mendalam, akan ditemukan sesuatu yang masih mungkin dikembangkan untuk meningkatkan hasil yang lebih baik. Menambah ide yang diterapkan orang lain dengan mengeliminir kekurangan yang terlihat dan meningkatkan kelebihan yang ada melalui berbagai pengkajian, coba pikirkan apakah dari ide ini ada bidang lain yang lebih tepat. Bila menganggap ide ini lebh tepat untuk bidang usha yang lalin, tidak ada salahnya bila diterapkan pada bidang lain yang dipikirkan. Sebuah pesan penting yang perlu diperhatikan adalah: dalam membangun usaha atau berfikir mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi, jangan pikirkan umur. Tua atau muda yakinkan pada diri sendiri bahwa kreatifitas akan memberikan keuntungan.

Tidak ada komentar: